OPERASI SABTU BERSIH

KEGIATAN GOTONG ROYONG  “OPERASI SABTU BERSIH”

Kegiatan gotong royong “operasi sabtu bersih” yang dilaksanakan di lingkungan sekolah merupakan wujud dari peduli lingkungan serta berpartisipasi dalam menjaga kebersihan  .kegiatan ini adalah rutinitas mingguan yang terintegrasi dengan kurikulum PLH (pelestarian lingkungan hidup) SMA negeri 6.

Kegiatan gotong royong ini mencakup membersihan kelas dan perkarangan kelas, membersihkan halaman, membersihkan saluran air yang tersumbat sampah r, membersihakan areal sekitar taman, membersihkan seluruh sarana dan pra sarana di lingkungan sekolah. kegiatan ini dibawah bimbingan wali kelas dan guru-guru yag terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler

Selain mempercepat dalam melakukan suatu pekerjaan, tujuan gotong royong memiliki banyak manfaat. Manfaat yang dapat diambil dari budaya masyarakat Indonesia ini diantaranya adalah:

  • Menumbuhkan Rasa Solidaritas.

Jika kebudayaan gotong royong tetap terjaga dalam kehidupan sekolah, tentunya solidaritas antar siswa akan terjalin dengan baik.

  • Menumbuhkan sikap disiplin

Dengan adanya kegiatan gotong royong ini di harapkan siswa lebih displin dalam menjaga kebersihan, displin membuang sampah pada tempatnya, dan selalu tanggap akan keadaan lingkungan sekitar serta peduli lingkungan.

  • Menumbuhkan sikap kebersamaan.

Dalam suatu lingkungan tentunya harus terjalin kerukunan antar penghuninya. Dengan adanya gotong royong kita sering kali berinteraksi dengan siswa dengan lain kelas, sehingga akan menumbuhkan sikap kebersamaan dan keakraban dalam suatu lingkungan sekolah.

  • Meringankan beban pekerjaan.

Dengan pengerjaan yang dilakukan orang banyak tentu pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan & lebih ringan dalam mengerjakannya…

Semoga dengan kegiatan Goro ini akan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan asri, serta memberikan nilai positif bagi siswa di lingkungan SMA Negeri 6..amiin.

DSC04317 DSC04308 DSC04301 DSC04298 DSC04294 DSC04284

DSC03870