WORKSHOP SEHARI

WORKSOP SEHARI GUNA MENINGKATKAN MUTU PBM GURU DI SMA NEGERI 6 PEKANBARU, SABTU 08 AGUSTUS 2015

Workshop sehari yang diadakan di SMA Negeri 6 Pekanbaru di ikuti oleh seluruh guru bidang studi SMA Negeri 6 Pekanbaru dengan pemateri Bapak Afrizal Tani dari LPMP kota Pekanbaru, serta turut hadir sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru bpk. Drs. H. Nur Faisal. kegiatan ini di laksanakan pada hari Sabtu, 08 Agustus 2015 mulai dari pukul 08.00 wib sampai dengan 16.00 wib . Acara di bagi menjadi dua sesi dan di awali oleh sambutan dari bpk. Drs. H. Nur Faisal  selanjutnya sambutan oleh Kepala sekolah SMA Negeri 6 bapak Drs. Syamwar menandakan bahwa workshop resmi di mulai.

Workshop yang di gelar sehari ini bertujuan untuk meningkatan Proses Belajar Mengajar (PBM) teutama pada kurikulum 2013. banyak materi-materi yang di sampaikan oleh bpk. Afrizal Tani yang berikatan dengan peningkatan mutu di K13 ini. diharapkan  dengan adanya workshop sehari ini akan meningakatkan kompetensi, kualifikasi akademik, serta profesionalitas pada guru tersebut.

Guru wajib memiliki:

  • Kualifikasi akademik
  • Kompetensi
  • Sertifikat pendidik
  • Sehat jasmani & rohani
  • Kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional

Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh GURU atau DOSEN dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Kompetensi guru dapat dimaknai sebagai kebulatan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran.

Selain itu juga materi yang di sampaikan Bapak afrizal Tani adalah mengenai bagaimana Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  sesuai Kurukulum 2013 yang diantaranya adalah:

  • RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pembelajaran atau tema tertentu yang mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.
  • Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar (guru kelas) di SD/MI dan untuk guru mata pelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.
  • Pengembangan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.