Khatam Al-Quran

Kegiatan Khatam Al-Quran Di SMA Negeri 6 Pekanbaru Tahun 2018

 

Kepala sekolah SMA Negeri 6 Pekanbaru, Dra. Hj, Zurina, MM rabu 16  Maret 2018 membuka acara Pelaksanaan khatam alquran siswa kelas XII ( dua Belas ) di gedung serbaguna SMA Negeri 6 Pekanbaru

Dalam sambutannya Kepala sekolah  mengatakan bahwa kelas yg sudah tamat membaca alquran  sebagai bukti bahwa kelas XII telah melaksanakan kegiatan mengaji di SMA negeri 6 pekanbaru

Tujuan yang sangat penting dari khatam alquran ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaankepada Allah.SWT, sekaligus melaksanakan program walikota pekanbaru yaitu “ Pekanbaru Kota Madani”.

Harapannya  siswa-siswi  SMA negeri 6 Pekanbaru khususnya  kelas XII   dapat dengan fasih membaca alquran dan juga tak sekedar membaca ayat-ayat suci alquran tetapi dapat memahami, menggali ilmunya, merenungkan rahasia hikmah-hikmahnya dan mengamalkan serta mengimplemntasikan  isi dan kandungan dari setiap ayat-ayat suci Alquran  dalam kehidupan sehari-hari. serta tak hanya sekali khatam membaca alquran, tetapi berkali-kali….dst.

Allah SWT. berfirman:

كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَ‌كٌ لِّيَدَّبَّرُ‌وا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ‌ أُولُو الْأَلْبَابِ

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka mentadabburi (memperhatikan) ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran. (QS. Shad [38]: 29).