Kreatifitas Siswa dengan “Mural”

Menyalurkan Kreatifitas Seni Siswa SMA Negeri 6 Pekanbaru dengan ” Mural “

Untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang seni, SMA Negeri 6 Pekanbaru  menggelar lomba Mural atau lomba melukis di dinding atau tembok yang digelar di lingkungan Sekolah dan di bimbing oleh guru seni rupa ibu Siti Halimah, S.Sn

Lomba Mural ini diikuti oleh Siswa siswi kelas X dan kelas XI , dengan tema lingkungan hidup. Diharapakan dengan kegiatan ini siswa siswi lebih peduli dengan lingkungan sekitar serta global warming yang terjadi pada saat ini. Masalah lingkungan memang perlu dikenalkan sejak dini dan juga harus menjadi perhatian sekolah sebagai bagian dari aspek pendidikan.

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun yang dapat menghasilkan gambar.

Manfaat didadakannya lomba mural adalah untuk membuat suasana sekolah menjadi lebih menyenangkan, sehingga para siswa akan menjadi lebih bersemangat untuk berangkat ke sekolah terlebih lagi lomba mural ini diadakan di tembok sebelum memasuki area sekolah dan di depan kelas XII IPA. Selain itu manfaat lainnya adalah sebagai ajang adu seni dan kreatifitas antar kelas dan sebagai wadah kepada siswa yang mempunyai bakat dalam bidang seni rupa sehingga para siswa bisa menyalurkannya lewat mural.