WORKSHOP SMAN 6 PEKANBARU
Kurikulum 2013 atau K13 sering disebut dengan ‘kurikulum berbasis karakter’. Kurikulum ini merupakan kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan sikap disiplin yang tinggi.
Untuk lebih menambah pengetahuan dan memantapkan guru dalam implementasi kurikulum 2013, sma negeri 6 pekanbaru mengadakan Inhouse training (IHT) workshop PEMANTAPAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN MENUJU SUKSES IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Acara di buka oleh wakil kurukulum ibu Elsa Farida, S.Pd, serta kata sambutan dari kepala SMA Negeri 6 Pekanbaru ibu Dra. Hj. Zurina, MM. dalam sambutannya beliau berharap guru peserta workshop agar memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik mungkin, berperan aktif serta menggali ilmu yang di sampaikan oleh pemateri. Sehingga hasil akhir dari pelatihan ini guru mampu melaksanakan tugas mengajar di dalam kelas sesuai dengan tuntutan dan karakteristik Kurikulum 2013 yang meliputi kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian Kurikulum 2013. Sebagai pemateri pada workshop ini adalah bapak Drs. ILYAS, M.Pd yang sudah sering memberikan pelatihan mengenai implementasi K13.
Adapun kkompetensi inti yang harus dicapai oleh setiap peserta pelatihan Pemantapan PEMANTAPAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN MENUJU SUKSES IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 setelah mengikuti pelatihan adalah sebagai berikut:
- Memiliki sikap yang terbuka untuk menerima Kurikulum 2013.
- Memiliki keinginan yang kuat untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.
- Memiliki pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum 2013 (filosofi, rasional, elemen perubahan, strategi implementasi, Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD)).
- Memiliki keterampilan menganalisis keterkaitan antara Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Buku Guru, dan Buku Siswa.
- Memiliki keterampilan menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada Kurikulum 2013.
- Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan pendekatan Scientific secara benar.
- Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning.
- Memiliki keterampilan melaksanakan penilaian autentik dengan benar.
- Memiliki keterampilan berkomunikasi lisan dan tulis dengan runtut, benar, dan santun.